Pages

Subscribe:

Sabtu, 08 Desember 2012

Modifikasi Mitsubishi Pajero Sport : Penggabungan 3 Aliran Audio


BosMobil.com - Untuk memanjakan keluarganya dalam perjalanan, Mr. X menginginkan sistem audio dengan mengusung 3 aliran sekaligus pada mobilnya, yaitu sound quality (SQ), sound quality loud (SQL) dan Car Theater. “Jika jalan bareng keluarga suka nonton film, tapi kalo lagi sendiri suka SQ dan SQL,” buka sang owner.

Maka dari itu, Mr. X pun menyambangi workshop Dynamics Auto Sound untuk melakukan modifikasi sektor audio pada Mitsubishi Pajero Sport miliknya. “Saya aplikasikan 3 aliran berbeda dengan pemilihan produk-produk yang berkarakter suara selera sang owner mobil,” tukas Moelyadi selaku installer.
Head Unit Full Entertainment Dan Headrest Monitor
Langkah modifikasi yang dilakukan cukup matang, hal ini dari pemilihan head unit Alpine INA-W900E yang memiliki banyak fitur pendukung audio maupun visual. “Semua format audio maupun visual sudah terintegrasi, baik CD, Bluetooth maupun USB,” sahutnya.
Kualitas suara ditingkatkan melalui pemakaian processor Alpine PXA-H800. “Saya gunakan 3 pengaturan yang berbeda, yaitu untuk SQSQL dan Car Theater sehingga pemilik mobil bisa memilih sesuai keinginan,” papar Moelyadi.
Namun untuk penumpang belakang, Moelyadi menghadirkan headrest monitor. “Terkadang anaknya suka menonton film kartun pada saat perjalanan. Jadi perjalanan pun nyaman dengan adanya tontonan dari headrest monitor,” ungkap Moelyadi.
5.1 Surround Sound Agar Suara Seimbang
Sementara pada sektor suara, Moelyadi menghadirkan porsi yang seimbang dengan mengaplikasikan 5.1 Surround Sound untuk mengakomodir kebutuhan car theater dengan pemilihan perangkat speaker dari Micro Precision Z Studio 3-way dengan sudut on-axis.
“Dibikin on-axis agar mendapatkan suara yang presisi dan panggung yang ideal. Pilar dibuat custom dari bahan fiber serta glasswool dengan volume boks midrange sebesar 1 liter. Sedangkan untuk midbass menggunakan free air atau tidak menggunakan box, namun menambahkan peredam 2 lapis pada chamber belakang untuk meminimalisir suara dengung,” ucapnya.
Sedangkan speaker belakang juga menggunakan merek yang sama serta speaker Alpine di bagian tengah. “Suara percakapan film yang bisa 3 dimensi dan efek suara lebih nyata serta dramatis,” ucap Moelyadi. Kemudian untuk penyempurnaan sektor suara, 1 unit subwoofer JL Audio W3 dibenamkan di buritan kabin dengan boks berjenis sealed.



Power 3 Unit Untuk Kontribusi Daya
Sebagai pembagian porsi tenaga, Moelyadi menggunakan 3 unit power untuk mensokong masing-masing speaker dengan varian kanal yang berbeda. “Speaker depan menggunakan power Steg K4.02, kemudian speaker belakang disokong oleh Phoenix Gold Dual Mono, dan subwoofer disuplai oleh JL Audio 500.1 V2. Sementara untuk speaker tengah dan headrest menggunakan daya langsung dari head unit,” jelasnya.

Wiiww... Mau nyaman dengan suara megah, atau seperti bioskop bisa tersaji pada MitsubishiPajero Sport berkelir hitam ini.










0 komentar:

Posting Komentar